Berkas Mantan Kabag Aceh Utara Dilimpah ke PN Tipikor

Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh telah melimpahkan berkas Melodi Thaher ke Pengadilan Tipikor Banda Aceh. Mantan Kepala Bagian Ekonomi dan Investasi Aceh Utara itu, salah satu yang ditetapkan tersangka dalam kasus pinjaman jangka pendek dana Pemkab Aceh Utara Tahun 2009.

“Berkas Tersangka Melodi Thaher dilimpahkan tim JPU ke Pengadilan Tipikor pada Rabu, 29 Oktober 2014. Secara administrasi sudah diterima pengadilan dan tinggal menunggu jadwal sidang saja dari pengadilan,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Aceh, Amir Hamzah SH, Sabtu (1/11). Mantan Kabag Ekonomi Aceh Utara Melodi Thaher adalah salah satu yang ikut dalam peminjaman dana Aceh Utara Rp7,5 miliar di Bank Aceh Cabang Lhokseumawe tahun 2009. Ia ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Kejati Aceh pada, 27 Maret 2014, dan dilakukan penahanan pada 18 Juni 2014..

Kasus ini terjadi di tahun 2009 atau masa Bupati Aceh Utara, Ilyas A Hamid. Waktu itu, Pemkab setempat meminjam anggaran Aceh Utara di Bank Aceh Cabang Lhokseumawe senilai Rp7, 5 miliar, untuk membangun berbagai infrastruktur di kabupaten itu. Terakhir diketahui dana ini dibagi-bagi oleh para pejabat penting di sana.

Pengusulan pinjaman melalui Kabag Ekonomi dan Investasi Aceh Utara yang saat itu dijabat Melodi Thaher. Bank Aceh Cabang Lhokseumawe ini yang kala itu dipimpin Effendi Burhanuddin mencairkannya. Pinjaman senilai Rp7,5 miliar ini terungkap kepublik setelah terjadi kredit macet di bank tersebut.

Dalam kasus ini, sebelumnya penyidik telah menyeret mantan Direktur Bank Aceh Cabang Lhokseumawe, Effendi Burhanuddin ke pengadilan dan sudah divonis berkekuatan tetap selama 4 tahun penjara oleh Mahkamah Agung pada 13 Maret 2013. [amin/01]

Sumber: Harianaceh.co