KPU: Penambahan Dapil Aceh Dimungkinkan

KPU Penambahan Dapil Aceh Dimungkinkan

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra, mengatakan dimungkinkan adanya penambahan daerah pemilihan (dapil) Aceh untuk DPR RI.

Hal itu dikatakan Ilham menjawab Serambi, Kamis (4/5) terhadap usulan penambahan dapil oleh DPR Aceh. “Kalau sudah menjadi kebutuhan bersama, bisa saja penambahan dapil,” kata Ilham.

Usulan penambahan dapil untuk DPR RI, kata Ilham, bisa disampaikan ke Pansus RUU Pemilu DPR. Karena dapil merupakan lampiran dari undang-undang.

Sebelumnya dua anggota DPR Aceh, Abdullah Saleh dari Partai Aceh dan T Iskandar Daoed dari Partai Demokrat menyatakan penambahan dapil Aceh menjadi kebutuhan saat ini. Keduanya mengharapkan usulan penambahan dapil itu dapat diakomodir oleh Pansus RUU Pemilu.

Abdullah Saleh menjelaskan, usulan penambahan dapil Aceh untuk DPR RI sudah disampaikan DPRA kepada Pansus RUU Pemilu. Selama ini Aceh terbagi dalam dua dapil, masing-masing dapil melingkupi 15 kabupaten/kota.

Iskandar Daoed mengatakan, keadaan itu sangat menyulitkan, mengingat luasnya wilayah Aceh. “Sangat tidak efektif dan tidak mencerminkan perwakilan kewilayahan,” kata Iskandar Daoed mengenai keadaan dapil saat ini.(fik)

Sumber : Serambi Indonesia