MaTA: Sejumlah Nama yang Disebutkan JPU Penting Diusut

Koordinator Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA) Alfian menilai sejumlah nama disebutkan oleh jaksa penuntut umum (JPU) KPK dalam dakwaan terhadap terdakwa korupsi proyek Dermaga Sabang, Ruslan Abdul Gani, penting diusut sampai tuntas.

“KPK pasti akan menulusuri siapa saja yang menerima aliran dana, walaupun tidak terlibat secara langsung di kelembagaan di BPKS, pasti terungkap,” kata Alfian melalui sambungan telepon kepadaportalsatu.com, Kamis 4 Agustus 2016.

Menurut Alfian, pihak-pihak yang sudah disebutkan JPU KPK dalam persidangan perkara Ruslan itu penting diungkap. “Itu adalah bagian dari pengembangan tahap awal yang sudah diproses. Artinya, kemungkinan banyak pihak yang terlibat,” ujarnya.

Harapan Alfian semua pihak, mulai dari pengambil kebijakan dan pihak yang tidak terlibat secara langsung dalam arti kata menerima aliran dana harus diusut.

Perihal Irwandi yang membantah penerimaan aliran dana dugaan korupsi BPKS, menurut Alfian, bantahan tersebut adalah hal yang biasa.

“Dalam kasus dugaan korupsi ini kita percayakan saja kepada KPK, karena KPK sangat berpengalaman dalam menelusuri aliran dana,” kata Alfian.

Alfian menambahkan, siapa pun yang terlibat dalam dugaan korupsi pembangunan Dermaga Bongkar Sabang pada Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) tahun anggaran 2011 harus diungkap dan diproses secara hukum.

“Karena dalam prinsipnya kita akan tetap memantau, apalagi kasus ini dulu MaTA yang melaporkan,” tutupnya.

Sumber : www.portalsatu.com