MaTA Selenggarakan Workshop Tool Review Izin

 

Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA) menyelenggarakan workshop pengenalan tool review izin perusahaan sektor perkebunan, sektor kehutanan dan juga sektor pertambangan. Kegiatan ini melibatkan peserta dari unsur LSM dan juga beberapa akademisi Fakultas Hukum UNSYIAH dilaksanakan di Hotel Oasis Banda Aceh (14/4). Dalam kegiatan ini, MaTA menghadirkan fasilitator dari Indonesian Center for Environmental Law (ICEL), Ohiongyi Marino.

MaTA Selenggarakan Workshop Tool Review Izin
MaTA Selenggarakan Workshop Tool Review Izin

Penyelenggaraan workshop pengenalan tool review izin bertujuan untuk memberi pemahaman kepada peserta tentang tool review izin dan tata cara penggunaannya. Sehingga nantinya diharapkan akan lahir orang-orang yang mampu melakukan review terhadap perizinan perusahaan, baik perkebunan, kehutanan maupun pertambangan yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah.

Review izin atau peninjauan kembali izin merupakan salah satu sarana untuk melihat ketaatan izin yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Review izin pada prinsipnya adalah pemeriksaan penerbitan izin berdasarkan hukum yang berlaku atau dapat juga disebut pemeriksaan legalitas izin. Pelaksanaan review ini membutuhkan adanya pemahaman utuh terhadap hukum perizinan, yang mana hukum ini senantiasa berubah dan membutuhkan adanya keterampilan hukum untuk memahaminya.