Yusny Saby: Korupsi Adalah Kejahatan Kemanusiaan

Akademisi UIN Ar-Raniry, Prof Yusny Saby mengatakan kejahatan korupsi setara dengan kejahatan kemanusiaan karena dampak yang ditimbulkan sangat besar.

“Korupsi adalah kejahatan kemanusiaan karena dampaknya sangat besar. Misalnya di Pidie Jaya sekarang butuh obat tapi obat itu dikorupsi. Tentu berdampak luas,” kata Yusny Saby saat menjadi pembicara dalam acara diskusi yang diadakan oleh MaTA, Kamis 8 Desember 2016 di Aula FISIP Unsyiah, Banda Aceh.

Dalam diskusi yang didakan dalam rangka hari anti korupsi interbasional mantan rektor UIN Ar-Raniry itu mengatakan pendidikan anti korupsi sangat penting. Menurut dia pemberantasan korupsi saja tak cukup. Oleh sebab itu semua elemen harus membangun budaya anti korupsi melalui pendidikan.

“Setiap lembaga pendidikan harus mengajarkan betapa bahayanya korupsi agar kita sadar bahwa korupsi adalah kejahatan kemanusiaan,” kata dia.

Ia juga Aceh darurat narkoba dan korupsi. menurut Yusni koruptor yang telah terbukti melakukan korupsi layak dihukum mati. “Koruptor layak dihukum mati,” kata dia.

Masyarakat Transparansi Aceh memperingati hari anti korupsi internasional dengan diskusi terpumpun dan refleksi pemberantasan kasus korupsi di Aceh. Acara yang dihelat di aula FISIP Unsyiah 8 Desember 2016 itu dihadiri oleh beragam unsur. Mulai dari penegak hukum, akademisi, jurnalis, mahasiswa dan masyarakat umum.[]

Sumber: Portal Satu