MaTA. Plt Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kabupaten Aceh Barat Jufri SH meresmikan peluncuran Sekolah Anggaran Gampong di aula Kecamatan Arongan Lambalek pada Jum’at(17/5). Kegiatan tersebut diikuti puluhan peserta dari tiga gampong dalam kecamatan Arongan Lambalek yang menjadi pilot project dari Perkumpulan MaTA dan SEKNAS FITRA dalam Program Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK). Ketiga gampong tersebut yaitu Peuribu, Alue Batee dan Panton Bahagia.

“ Saya berharap inisiatif ini dapat dilaksanakan di semua desa di Aceh Barat oleh MaTA dan SEKNAS FITRA dengan menggunakan dana desa, program ini sangat bagus dalam rangka meningkatkan kapasitas Tuha Peut dan aparatur gampong. Gampong dapat mengganggarkan program tersebut melalui APBG lalu minta MaTA dan SEKNAS FITRA untuk memfasilitasi” sambut pak Jufri SH. Beliau mengakui bahwa peran dari lembaga-lembaga yang ada di gampong seperti Tuha Peut dan Aparatur gampong sangat kurang akibat masih terbatasnya kemampuan makanya wajar jika Bupati meminta kepada KOMPAK agar penampinganan dapat dilakukan di semua gampong. Fakta tersebut juga dibenarkan oleh Abdul Haris selaku Distric Coordinator KOMPAK Aceh Barat namun karena katerbatasan SDM maka hanya beberapa gampong yang dapat dipenuhi oleh KOMPAK dengan harapan Pemkab Aceh Barat lah yang nantinya mereplikasi praktik baik dari gampong percontohan tersebut ke desa lainnya.

Sementara Program Manager SEKNAS FITRA , Badiul Hadi mengatakan bahwa Sekolah Anggaran Gampong merupakan wadah belajar bersama di level gampong yang dapat diikuti oleh keuchik dan seluruh aparatur gampong, Tuha Peut, kaum perempuan, disabilitas dan kelompok marginal lainnya dalam rangka merencanakan pembangunan yang responsive gender dan inklusif sehingga pemenuhan terhadap kebutuhan dasar warga seperti pendidikan, kesehatan, adminduk dan pengembangan ekonomi dapat terealisasi dengan baik. Badiul Hadi menambahkan bahwa Sekolah Anggaran gampong tersebut juga sedang dilaksanakan serentak di 6 kabupaten di 5 provinsi yaitu Aceh, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Barat.

Meulaboh, 17 Mei 2019
AMEL
Koordinator Program Kabupaten Aceh Barat
(WA :0823 6074 6255)