Dorong Keterbukaan Informasi, MaTA Gelar Workshop Di Aceh Tamiang

Dorong Keterbukaan Informasi, MaTA Gelar Workshop Di Aceh Tamiang

Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA) berkerjasama dengan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Aceh menggelar Sosialisasi dan Workshop Penyusunan Daftar Informasi Publik, Upaya Percepatan Implementasi Keterbukaan informasi Publik di Kabupaten Aceh Tamiang. Kegiatan berlangsung di Aula Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh Tamiang, Selasa 2 Oktober 2018.

Kegiatan dibuka oleh asisten Administrasi Umum Aceh Tamiang, Rianto Waris dihadiri oleh seluruh PPID Pembantu yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang. “Seluruh PPID yang hadir harus berani menyampaikan kepada kepala dinas, mana saja informasi yang boleh diakses dan tidak oleh masyarakat,” kata Rianto.

Menurutnya, Daftar Informasi Publik (DIP) adalah daftar yang berisi tentang seluruh informasi yang berada di bawah penguasaan badan publik. DIP ini sendiri merupakan suatu hal penting yang harus dimiliki oleh setiap badan publik yang berada di Aceh Tamiang.

Dalam pertemuan tersebut, MaTA menyampaikan apresiasi atas besarnya sambutan PPID Utama Aceh Tamiang dalam menyambut kegiatan. Kegiatan ini merupakan keberlanjutan dari pertemuan di Banda Aceh yang mempertemukan PPID dari 5 Kabupat Aceh Tamiang, Aceh Barat, Aceh Utara, Aceh Barat dan Nagan raya di akhir 2017.

Staf Bidang Advokasi Kebijakan Publik MaTA, Amel mengatakan banyak pejabat yang belum mengetahui terkait DIP sehingga melahirkan Sengketa Informasi Publik yang kemudian ditangani oleh Komisi Informasi Aceh (KIA).

Menurutnya, di akhir kegiatan PPID Utama Aceh Tamiang bersama para operator PPID menyepakati pembuatan Rencana Tindak Lanjut di antaranya, Unit OPD Aceh Tamiang akan melakukan penyusunan Daftar Informasi Publik berupa Informasi tersedia setiap saat, Informasi berkala, informasi Serta merta dan Informasi Dikecualikan.

Sosialisasi dan workshop ini difasilitasi oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh Tamiang, Amiruddin dan Tim PPID Utama Aceh Tamiang. Kegiatan menghadirkan narasumber dari Pelaksana Harian PPID Utama Aceh, Asriani dan Mantan Komisioner Komisi Informasi Aceh (KIA), Jehalim Bangun.

Artikel Ini Telah Tayang di http://www.acehkita.com/dorong-keterbukaan-informasi-mata-gelar-workshop-di-aceh-tamiang/