Ketua DPRA Dukung Pembentukan DOB Panton Labu

Ketua DPRA Dukung Pembentukan DOB Panton Labu

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Tgk Muharuddin mendukung penuh terhadap upaya pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kota Panton Labu atau berpisah dari kabupaten induk yakni Aceh Utara.

“Kita mendukung penuh upaya dari masyarakat untuk menjadikan Kota Panton Labu sebagai daerah otonomi baru,” kata Muharuddin kepada wartawan usai menerima audiensi dari pemuda Aceh Utara yang mendukung adanya pemekaran tersebut, Jumat (20/7).

Upaya pembentukan DOB Kota Pantun Labu ini sudah mendapatkan dukungan dari lima Kecamatan di Aceh Utara antara lain Tanah Jambo Aye, Seunuddon, Langkahan, Baktiya dan Baktiya Barat. Serta juga persetujuan dari para Keuchik dan masyarakat di lima kecamatan itu.

Muharuddin mengatakan, saat ini di Aceh Utara masuk banyak sekali ketimpangan dan jauh dari kesejahteraan, selian itu masyarakat disana juga masih banyak yang berada digaris kemiskinan, belum lagi jika dilihat dari aspek infrastruktur yang belum memadai.

Kata Muharuddin, semangat pemebentukan DOB Panton Labu ini juga telah mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, baik itu Bupati, DPRK serta partai politik lokal maupun nasional di Aceh Utara.

“Sekarang kita tunggu proses paripurna di kabupaten, setelah itu baru kita melanjutkan proses ditingkat provinsi, dan diharapkan sesegera mungkin diteruskan Ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” tuturnya.

Menurutnya, jika DOB Panton Labu ini lahir maka sangat berpengaruh pada peningkatan ekonomi rakyat, karena bila ibu kota baru terbentuk dapat dipastikan adanya pembangunan pusat perkantoran, serta bangunan lainnya seperti rumah sakit serta instansi lainnya.
Selain itu, lanjut Tgk Muhar, DOB tersebut juga memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam hal mengurusi segala keperluan administrasi, dan pastinya akan banyak terbuka lowongan pekerjaan untuk masyarakat.

“Karena itu, saya mengapresiasi langkah yang ditempuh panitia DOB Panton Labu, mudah-mudahan niat ini akan segera terwujud,” harap politisi Partai Aceh itu.

Namun, disisi lain Pemerintah Pusat saat ini telah melakukan moratorium (penangguhan) untuk pembentukan DOB. Adanya moratorium ini akan menghambat langkah semua daerah di seluruh Indonesia mewujudkan mimpi terbentuknya DOB.

Terkait hal ini, Muharuddin mendengar kabar bahwa tidak lama lagi Pemerintah Pusat akan segera mencabut moratorium DOB tersebut, karena proses administrasi pembentukan DOB perlu disiapkan sejak dini.

“Sebelum moratorium dicabut, semua proses administrasi di daerah sudah dilengkapai, jadi ketika maratorium dicabut, nantinya langsung bisa kita masuk,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Komite Pemekaran DOB Kota Panton Labu, Hendra Nurdin menyampaikan upaya pemekaran ini selain sudah mendapatkan dukung Pemkab, panitia juga telah didukung 186 gampong dengan total 148.500 ribu jiwa.

“Kita sudah mengantongi dukungan dari 186 gampong, 148.500 jiwa, dengan luas wilayah 665 Km2 dari lima kecamatan ini,” pungkas Hendra beberapa bulan yang lalu saat menggelar konferensi pers di Banda Aceh.

Artikel ini telah tayang di http://www.ajnn.net/news/ketua-dpra-dukung-pembentukan-dob-panton-labu/index.html